Mengapa Laporan Laba Rugi Sangat Penting Bagi Bisnis Anda



Mengapa Laporan Laba Rugi Sangat Penting Bagi Bisnis Anda

Saat Anda membuat proyeksi keuangan untuk rencana bisnis Anda, salah satu komponen terpenting dari rencana Anda adalah laporan laba rugi Anda. Ini kadang-kadang disebut sebagai laporan laba rugi atau P&L. Laporan laba rugi menunjukkan berapa banyak keuntungan yang dihasilkan bisnis Anda atau yang Anda asumsikan akan Anda hasilkan jika itu adalah proyeksi selama periode waktu tertentu. Ini berarti tidak memperhitungkan keuntungan atau kerugian kumulatif seperti yang Anda lihat dalam laporan arus kas atau neraca.

Saya ingin menggunakan contoh restoran pizza kecil bernama Ferriolo’s Pizzeria. Dalam contoh ini, saya memproyeksikan lima tahun ke depan, meskipun banyak pemberi pinjaman dan investor ingin melihat tahun pertama dirinci berdasarkan bulan di samping proyeksi lima tahun.

Pendapatan Dan Beban Variabel

Setiap laporan laba rugi harus mencakup penghitungan pendapatan, harga pokok penjualan, biaya kartu kredit pedagang, dan laba kotor. Dalam contoh restoran pizza, pendapatan dalam laporan laba rugi mewakili semua uang yang diperoleh dari penjualan semua makanan dan minuman untuk setiap tahun. Pendapatan pada tahun pertama berjumlah $300.000 dan pada tahun kelima mencapai $480.000.

Harga pokok penjualan dan biaya kartu kredit pedagang dianggap sebagai biaya variabel karena biaya tersebut bervariasi dalam proporsi langsung dengan volume penjualan Anda.

Untuk toko pizza, harga pokok penjualan merupakan biaya variabel karena semakin banyak pizza yang Anda jual, semakin banyak adonan, saus, keju, dan topping yang akan Anda lalui untuk memenuhi pesanan pelanggan. Anda harus mengeluarkan uang untuk barang-barang ini sebelum Anda dapat memenuhi pesanan, dan Anda harus menggantinya karena sudah habis.

BACA  5 Tips Memulai Bisnis di Tahun Ini

Contoh ini juga mengasumsikan salon akan menerima kartu kredit dan debit sebagai bentuk pembayaran. Perusahaan kartu kredit biasanya membebankan persentase transaksi ke bisnis, jadi semakin banyak transaksi kartu kredit/debit yang dilakukan bisnis Anda, semakin tinggi biaya Anda.

Laba kotor adalah jumlah uang yang tersisa dari pendapatan setelah dikurangi biaya variabel ini. Dalam contoh ini, laba kotor tahun pertama adalah selisih antara pendapatan $300.000 dan total biaya variabel $99.000. Ini menyisakan $201.000 dalam laba kotor. Namun, seperti yang akan Anda baca di bagian berikutnya, ruang makan pizza juga menimbulkan biaya operasional, yang sering disebut biaya tetap karena volume penjualan ruang tamu tidak memengaruhi jumlah biaya ini, meskipun faktor eksternal dapat memengaruhi.

Biaya Operasional

Pengeluaran operasional mencakup semuanya, mulai dari tagihan telepon Anda hingga izin usaha dan terutama gaji karyawan. Dalam contoh salon pizza, sewa, persediaan, pemasaran, asuransi kewajiban, utilitas, hosting situs web, dan lainnya digabungkan dengan total biaya operasional $185.000 pada tahun pertama sebelum mencapai $275.000 pada tahun kelima.

Biaya Tetap Dan Depresiasi

Sebelum mencapai laba bersih atau laba setelah biaya tetap dan variabel diperhitungkan saya ingin menyelami dampak potensial pada biaya tetap yang disebutkan di bagian di atas serta depresiasi.

Pertimbangkan ruang sewa bisnis untuk operasinya. Jumlah sewa akan tetap sama terlepas dari kinerja bisnis. Pemilik dapat menaikkan sewa setelah sewa saat ini habis, tetapi tetap akan dianggap sebagai biaya tetap karena perubahan sewa bukanlah akibat dari kenaikan atau penurunan pendapatan.

BACA  Mengapa Bisnis Besar Sulit Berinovasi

Sebagian besar biaya tetap lainnya cukup jelas, tetapi satu biaya khusus yang perlu diperhatikan adalah depresiasi. Contoh ini mengasumsikan bahwa toko pizza telah menghabiskan banyak uang untuk oven, lemari es, freezer, mesin pencuci piring, dan peralatan mahal lainnya yang diperlukan untuk operasinya.

Ini adalah contoh aset jangka panjang yang tidak perlu diisi ulang secara berkala seperti biaya yang diperhitungkan dalam harga pokok penjualan. Sementara pembelian aset jangka panjang tidak diperhitungkan dalam laporan laba rugi (mereka diperhitungkan dalam laporan arus kas dan neraca Anda), penyusutan aset jangka panjang diperhitungkan.

Meskipun akan memerlukan artikel terpisah untuk menjelaskan bagaimana depresiasi bekerja dari perspektif akuntansi, satu hal yang perlu ditunjukkan di sini adalah bahwa itu adalah biaya yang sebenarnya dibayarkan ketika Anda membeli peralatan yang terdepresiasi.

Dengan kata lain, bisnis akan membayar sewa dan tagihan telepon setiap bulan, tetapi tidak mendapatkan tagihan penyusutan melalui pos yang harus dibayar setiap bulan. Namun demikian, penting bagi toko pizza untuk mempertimbangkan penyusutan karena oven, lemari es, dan sebagainya pada akhirnya akan rusak dan perlu diganti. Beberapa bisnis juga dikenakan amortisasi, yang merupakan konsep yang sama dengan depresiasi tetapi untuk aset tidak berwujud, seperti paten, hak cipta, dan merek dagang.

Laba sebelum bunga dan pajak merupakan jumlah pendapatan yang tersisa setelah menutupi semua biaya variabel dan tetap yang disebutkan di atas. Dalam contoh ini, jumlah tersebut mewakili penghasilan kena pajak Anda, karena semua pengeluaran yang disebutkan di atas dapat dikurangkan dari pajak. Jika bunga dibayarkan untuk pinjaman bisnis, maka bunga yang dibayarkan juga dapat dikurangkan dari pajak. Dalam contoh ini, laba tahun pertama sebelum bunga dan pajak adalah $16.000, atau selisih antara laba kotor $201.000 dan total biaya tetap sebesar $185.000.

BACA  15 Tips untuk Melindungi Bisnis Kecil Anda di Internet

Setelah penghasilan kena pajak ditentukan, jumlah terutang pajak dapat ditentukan. Contoh ini mengasumsikan sekitar 21% dari penghasilan kena pajak. Laba bersih adalah jumlah yang tersisa setelah dikurangi semua biaya variabel dan tetap, serta bunga dan pajak. Jika angkanya negatif, maka itu akan menjadi kerugian bersih. Dengan laba $16.000, pajak harus dibayar dan itu memberi Anda laba bersih $13.000. Dalam contoh ini, tahun kelima jauh lebih baik dengan laba bersih mencapai $36.000.

Laporan laba rugi dapat menjadi cara yang berharga untuk memantau kinerja bisnis pada suatu titik waktu tertentu, itulah sebabnya sebagian besar pemberi pinjaman dan investor ingin melihatnya dalam rencana bisnis Anda.

Kunjungi: Yazan BadranImaginingthepast.comhttp://www.gekiyasu-netshop.com

Related Post