Mengapa Bisnis Besar Sulit Berinovasi



Mengapa Bisnis Besar Sulit Berinovasi

Bisnis besar dan mapan cenderung menghasilkan banyak uang, sehingga mereka tampak sebagai puncak kesuksesan dan kemampuan, tetapi mereka juga berjuang dengan elemen yang sangat mendasar dari pengembangan bisnis: inovasi. Mengapa bisnis cenderung mandek dalam hal inovasi dan apa yang dapat dipelajari pemilik usaha kecil dari kesalahan bisnis besar?

Apa itu Inovasi?

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang batasan inovasi, kita perlu memahami apa sebenarnya inovasi itu. Dalam istilah yang paling sederhana, inovasi hanyalah generasi dan implementasi ide-ide baru. Namun, ada banyak jenis inovasi dan bidang di mana mereka dapat terjadi.

Misalnya, inovasi sistem terjadi ketika perusahaan merombak total sistem dan proses yang mereka gunakan untuk beroperasi. Inovasi produk terjadi ketika perusahaan menciptakan produk baru atau secara mendasar mengubah kualitas atau fungsionalitas produk yang sudah ada. Perusahaan bahkan dapat menjalani inovasi pemasaran dan periklanan, meluncurkan jenis strategi baru yang memungkinkan mereka untuk memenangkan lebih banyak perhatian dan penjualan.

Inovasi adalah kekuatan pendorong di pasar bebas. Beberapa ide inovatif mati karena tidak terlalu berharga, tetapi ide-ide inovatif terbaik tetap bertahan. Seiring waktu, perusahaan yang paling inovatif cenderung menjadi lebih ramping, lebih efisien, lebih produktif, dan lebih menarik.

Selain itu, inovasi yang lebih besar secara keseluruhan berarti kondisi yang lebih baik untuk semua orang; konsumen mendapatkan produk yang lebih baik dengan harga yang lebih murah.

BACA  3 Cara untuk Mempelajari Lebih Lanjut Tentang Pelanggan Anda

Masalah Inovasi Multifaset

Mengapa bisnis besar tidak berinvestasi lebih banyak dalam inovasi? Mengapa inovasi tampaknya melambat saat perusahaan semakin besar? Ada beberapa kemungkinan penjelasan.

Tradisi dan Keakraban

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa perusahaan besar biasanya adalah perusahaan lama. Pertumbuhan yang cepat selalu memungkinkan, tetapi perusahaan terbesar dan paling berpengaruh di zaman kita adalah perusahaan yang telah ada selama beberapa dekade, atau bahkan lebih lama. Perusahaan-perusahaan itu tidak ingin mengguncang perahu dengan mengacaukan tradisi dan keakraban. Jika itu cara Anda selalu melakukan sesuatu, dan cara itu membawa kesuksesan, mengapa Anda mengubahnya?

Tenaga Kerja yang Berbeda

Perusahaan besar juga cenderung memiliki tenaga kerja yang terpisah. Tim yang bekerja di California Selatan mungkin memiliki mentalitas yang sangat berbeda dari tim yang menghasilkan ide-ide baru di kantor pusat perusahaan Situs Judi di Montana. Sangat sulit untuk membangun mentalitas bersama di antara pekerja yang berasal dari latar belakang yang sangat berbeda, bekerja di beberapa lokasi, dan memiliki tugas yang berbeda-beda. Ini menciptakan faktor pendorong dan penarik yang mempersulit kemajuan perusahaan ke segala arah.

Birokrasi dan Komite

Bisnis besar cenderung didorong oleh birokrasi dan komite. Jika Anda terbiasa dengan ungkapan “desain oleh komite”, Anda secara intuitif memahami bahwa ketika terlalu banyak orang yang terlibat, proses pengambilan keputusan biasanya tertunda dan rumit. Hal ini tentu ada benarnya; ketika pengambilan keputusan selalu merupakan proses kikuk yang melibatkan lusinan orang, Anda tidak dapat bertindak cepat, yang berarti Anda tidak dapat mengimplementasikan ide-ide baru dengan cepat.

BACA  Mengapa Laporan Laba Rugi Sangat Penting Bagi Bisnis Anda

Takut akan Perubahan

Beberapa bisnis besar hanya takut akan perubahan dan tidak ingin mengasingkan pelanggan mereka dan mengecewakan karyawan mereka dengan mengambil risiko pada ide baru.

Memecahkan Masalah Inovasi

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah inovasi? Jika Anda merasa bisnis Anda melambat dalam hal inovasi saat mulai berkembang, pertimbangkan hal berikut:

Dibagi Menjadi Tim yang Lebih Kecil.

Tim besar dan kelompok besar memiliki waktu yang jauh lebih sulit untuk memunculkan ide-ide baru dan merangkul ide-ide itu. Tetapi tim yang lebih kecil cenderung lebih gesit dan lebih gesit. Bagi menjadi beberapa tim yang lebih kecil sambil berkolaborasi dan memperlakukan perusahaan besar Anda sebagai banyak perusahaan kecil yang saling terkait.

Mendorong dan Menghargai Ide-Ide Baru

Anda harus secara aktif mendorong inovasi jika Anda ingin meninjau lebih banyak ide inovatif. Itu berarti memberdayakan anggota staf Anda untuk memunculkan ide-ide mereka sendiri dan memberi mereka penghargaan ketika mereka menemukan ide-ide bagus yang mengubah perusahaan dengan cara yang positif.

Aktifkan Pengambilan Keputusan di Tingkat Dasar

Jangan membuat karyawan Anda menjalankan setiap keputusan di tiang bendera. Ini akan memperlambat segalanya dan menghilangkan beberapa ide yang memiliki banyak potensi. Alih-alih, aktifkan pengambilan keputusan di tingkat dasar, memberdayakan karyawan Anda untuk membuat lebih banyak keputusan mendadak dan menangani masalah sederhana dengan cara mereka sendiri.

BACA  Rencana Bisnis Sebagai Dokumen Hidup

Lebih Fleksibel Dengan Merek

Pertimbangkan untuk lebih fleksibel dengan merek Anda. Hanya karena itu cara Anda selalu melakukan sesuatu tidak berarti itu cara Anda selalu harus melakukan sesuatu, dan hanya karena itu mengharuskan Anda untuk mengkompromikan beberapa citra merek Anda tidak berarti Anda harus mengesampingkan gagasan itu sepenuhnya. Tetaplah terbuka dan mudah beradaptasi.

Tidak mungkin memaksakan inovasi, dengan cara yang sama tidak mungkin memaksakan kreativitas sebagai individu, tetapi itu tidak berarti Anda tidak memiliki kendali atas lingkungan Anda, atau bahwa Anda tidak dapat mengoptimalkan bisnis Anda untuk memfasilitasi inovasi yang lebih besar.

Bahkan dengan beberapa perubahan sederhana, Anda dapat menahan tren dominan bisnis besar yang kehilangan potensi inovasi mereka.

Related Post