Memanfaatkan Komunitas dalam Pekembangan Bisnis Anda



Memanfaatkan Komunitas dalam Pekembangan Bisnis Anda

Dengan orang-orang yang masih bekerja dari rumah selama dua tahun dalam pandemi ini, dan karantina dan isolasi yang terus-menerus, tidak adanya interaksi langsung telah menciptakan lingkungan di mana orang-orang rindu untuk membangun komunitas, bisa dibilang lebih dari sebelumnya.

Dan banyak perusahaan telah menemukan cara kreatif untuk tidak hanya membangun komunitas dari jauh, tetapi juga memanfaatkan komunitas untuk membantu mengembangkan bisnis mereka.

“Bisnis yang menjadi endemik di komunitas yang mereka layani membuka keunggulan kompetitif dalam jangka panjang,” kata Jessica Young, Global Lead, New Verticals di Uber dan Pendiri Halo, perusahaan dan komunitas aksesori buatan wanita.

Buat Koneksi Otentik

Dengan semakin banyak waktu yang dihabiskan di belakang layar komputer dan di ponsel kita, itu seperti menghirup udara segar ketika Anda membuat koneksi dengan manusia yang sebenarnya. Sangat penting untuk mengingatnya saat membangun komunitas.

“Buatlah setiap anggota komunitas merasa istimewa. Ketika seseorang mendaftar untuk buletin kami atau mengikuti kami di Instagram, mereka menerima pesan pribadi dari saya, menyambut mereka ke platform dan komunitas dan segera meminta pemikiran atau umpan balik awal. Dengan begitu, saat komunitas kami berkembang, kami dapat menyesuaikan diri dengan keinginan pelanggan baru kami, memastikan bahwa tingkat keterlibatan kami tidak berkurang,” kata Liza Sakhaie, CEO dan Pendiri, The Reflective, pasar dan komunitas mode sederhana.

Dia juga merekomendasikan untuk membuat komunitas Anda offline dari waktu ke waktu. “Media sosial terlalu jenuh. Untuk memastikan loyalitas dan membangun komunitas yang kuat, lakukan percakapan offline. Acara tatap muka, makan malam intim, panel langsung, atau bahkan “pertemuan” zoom memungkinkan anggota Anda untuk mengenal Anda lebih baik dan memungkinkan mereka untuk menciptakan ikatan tidak hanya dengan tim tetapi juga dengan anggota komunitas lainnya,” tambah Sakhaie.

BACA  3 Cara untuk Mempelajari Lebih Lanjut Tentang Pelanggan Anda

Dan pastikan untuk tidak kehilangan akses ke komunitas yang Anda bangun, hanya karena teknologi atau platform tempat Anda terhubung dengan mereka. Sakhaie menyarankan agar Anda melakukan diversifikasi di mana komunitas Anda terlibat dengan Anda. “Baru beberapa bulan yang lalu, kami melihat Instagram, Facebook, dan Whatsapp down selama berjam-jam. Jika komunitas Anda hanya ada di platform milik orang lain, Anda bisa kehilangan komunitas Anda dalam sekejap, karena Anda memiliki kebebasan platform ini. Buletin adalah cara mudah untuk memberikan nilai bagi anggota komunitas Anda sambil memastikan bahwa Anda selalu memiliki akses ke mereka.”

Pelanggan Loyal Menjadi Pendukung Merek

Melibatkan komunitas membangun kepercayaan, dan kepercayaan itu berkembang menjadi loyalitas pelanggan. Pelanggan setia tersebut menjadi pendukung merek dari waktu ke waktu – dan mengingat bahwa promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu jenis pemasaran yang paling efektif, ini adalah skenario yang saling menguntungkan.

“Promotor terkuat Anda adalah pelanggan setia Anda hadiahi dan perkuat mereka. Saat peluncuran, pertimbangkan jangkauan yang lebih rendah, aktivitas konversi yang lebih tinggi seperti rujukan yang membangun loyalitas yang ada. Dalam skala besar, perkuat roda gila pelanggan Anda dengan keanggotaan,” kata Young.

Sama seperti momentum yang diciptakan oleh roda gila pada mesin dayung, efek roda gila dalam bisnis mengacu pada kemenangan kecil yang membangun satu sama lain, mendapatkan begitu banyak momentum dari waktu ke waktu sehingga pertumbuhan tampaknya terjadi secara otomatis.

BACA  8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memulai Bisnis Anda

Konektivitas Sosial Dan Komunitas

Young juga merekomendasikan membangun secara lokal. “Khususnya di pasar atau bisnis langganan, pertimbangkan pangsa pasar Anda sebagai jumlah komunitas hiper-lokal yang berinteraksi dengan Anda,” sarannya. “Infiltrasi nuansa komunitas lokal itu konten, preferensi, momen. Bangun dengan tampilan hiper-lokal ini, dan skala dengan mempertimbangkan pandangan global.”

Membina komunitas tidak hanya memberi perusahaan akses ke sekelompok orang yang tertarik pada topik khusus yang serupa tetapi juga memberi anggota akses satu sama lain, yang dapat sangat berharga bagi mereka.

“Fondasi platform kami adalah salah satu konektivitas sosial dan komunitas, dibangun di atas prinsip Web3 untuk meningkatkan konversi dan meningkatkan faktor kepercayaan di pasar barang bekas kami. Kami membangun jaringan pembeli dan penjual yang merasa seperti mereka mengenal satu sama lain, bahkan jika mereka belum pernah bertemu. Kami melakukan ini dengan menampilkan tingkat pemisahan, gaya LinkedIn, antara pengguna kami,” kata Haley Lieberman, pendiri dan CEO Shop Tomorrows Slot Online, jaringan re-commerce sosial untuk memperdagangkan pakaian anak-anak.

Pelajari Tentang Metaverse

“Cara kita menghabiskan waktu luang dari berbelanja hingga bersosialisasi sedang berubah. Kehidupan kita sehari-hari dengan cepat menjadi lebih virtual. Web3 adalah tempatnya pikirkan pengalaman berbelanja yang imersif versus situs web yang dingin dan hambar. Pikirkan layanan pelanggan satu lawan satu secara real time dengan avatar orang sungguhan di samping Anda, versus menunggu pesan langsung,” Kelly Ann Collins merekomendasikan, Pendiri dan CEO Vult Labs, agen komunikasi pemasaran internasional. Dia mengatakan perusahaannya telah sepenuhnya membenamkan diri ke dalam Metaverse. “Kami membantu merek menavigasi Metaverse, dan memonetisasinya melalui divisi crypto dan NFT baru kami. Kami sedang dalam proses mendirikan kantor di Decentraland, yang merupakan platform dunia virtual 3-D. Kami juga membuka galeri seni virtual, yang akan menampilkan karya seniman NFT yang sedang naik daun.”

BACA  15 Tips untuk Melindungi Bisnis Kecil Anda di Internet

Ada banyak cara kreatif untuk memanfaatkan komunitas untuk mengembangkan bisnis Anda. Baik Anda memilih untuk memberikan pendidikan tentang topik khusus, memberikan sumber daya gratis, menginspirasi anggota komunitas, atau bermitra dengan perusahaan lain untuk menawarkan fasilitas dan manfaat kepada anggota jelas bahwa komunitas adalah kunci untuk membangun merek yang mudah diingat.

Related Post